Rabu, 07 Desember 2011

jamur kuping


Masa Panen Jamur Kuping
memerlukahnn waktu sekitar 3 bulan hingga panen, tetapi hasil dari log kau cenderung digemari. Masa panen untuk log tanam berbentuk ‘kantung lplastik' dapat mencapai  1 – 2 bulan terus menerus dengan interval waktu 1 – 2 minggu hingga semua bagian dari log tanam ditumbuhi jamur.


Dari segi gastronomik ataupun organoleptik ( rasa, aroma dan penampilan), jamur kuping kurang menarik bila dihidangkan sebagai bahan makanan. Namun jamur kuping sudah dikenal dekat sebagai bahan makanan yang memiliki khasiat sebagai obat dan penawar racun.
Lendir yang dihasilkan jamur kuping selama dimasak dapat menjadi pengental. Lendir jamur kuping dapat menonaktifkan atau menetralkan kolesterol. Jamur kuping dapat dibedakan berdasarkan bentuk, ketebalan, dan warnanya. Jamur kuping ang mempunyai bentuk tubuh buah kecil (sering disebut jamur kuping tikus) digemari oleh konsumen karena waranya lebih muda, dan rasanya sesuai dengan selera. Jamur kuping yang tubuh buahnya melebar (jamur kuping gajah) rasanya sedikit kenyal atau alot sehingga kurang disenangi karena harus diiris kecil-kecil bila akan dimasak. Jamur kuping selain untuk ramuan makanan juga unuk pengobatan. Untuk mengurangi panas dalam, mengurangi rasa sakit pada kulit akibat luka bakar.
Kandungan nutrisi jamur kuping terdiri kadar air 89,1, protein 4,2, lemak 8,3, karbohidrat total 82,8, serat 19,8, abu 4,7 dan nilai energi 351. Jamur kuping dipanaskan, maka lendir yang dihasilkan oleh masyarakat dan tabib pengobatan memiliki khasiat:
•  Penangkar / penon-aktif racun baik dalam bentuk racun nabati, racun residu    pestisida, bakhan sampai ke racun berbentuk logam berat. Hampir semua    ramuan masakan Cina, jamur kuping selalu ditambahkan untuk tujuan    menonaktifkan racun yang terbawa dalam makanan.
•  Kandungan senyawa dalam lendir jamur kuping, efektif untuk menghambat    pertumbuhan carcinoma dan sarcoma (kanker) sampai 80 – 90%. Berfungsi juga    untuk antikoagulan bahkan menghambat penggumpalan darah.
•  Lendir jamur kuping dapat meghambat dan mencegah penggumpalan darah.
Manfaat jamur kuping untuk pengobatan penyakit antara lain:
•  Darah tinggi/pembuluh darah mengeras akibat penggumpalan darah: 3 gram    jamur kuping kering, rendam semalam dan buang airnya hingga tinggal jamur    basah, tempatkan dalam rantang, tambahkan air bersih dikusus hingga lunak,    tambahkan gula batu secukupnya dimakan secukupnya sehari sekali.
•  Kurang darah dengan memasak jamur kuping 30 gram, ditambah 30 gram buah    kurma, ditambah air bersih 5 gelas diminum dimasak sampai airnya tersisa 1    gelas. Hal diatas juga dapat diterapkan untk mengobati sakit wasir/ ambeian.
•  Datang bulan tidak lancar dan memperlancar buang air besar. Jamur kuping    dimasak bersama bahan-bahan lain seperti sayuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar