Jumat, 18 November 2011

Energi alternatif (save the earth) =)




Energi alternatif ramah lingkungan dan menguntungkan
Ada bahan bakar gas alami yaitu biogas ini bisa menggunakan bahan-bahan yang saat ini mayoritas masih merupakan barang sampah seperti kotoran ternak,sampah organik,limbah industri bahkan kotoran manusia bisa digunakan. selain meminimalkan limbah sampah dan kotoran,dengan menggunakan biogas ,masyarakat tidak tergantung pada minyak tanah ataupun gas elpiji .
Selain itu ada bahan bakar minyak sebagai alternatif minyak ikan paus, minyak ikan paus adalah bahan bakar dominan di awal abad ke 19,pertengahan abad. Stok ikan paus meningkat tajam dan tidakdapat bersaing dengan sumber bahan bakar minyak yang murah .
SAMPAH
Sampah tidak selamanya jadi masalah . sebab jika ditangani dengan baik limbah buangan ini bisa bermanfaat . bahkan denagan teknologi yang sederhana sekalipun,sampah bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan .mengolah sampah butuh dua prinsip utama , yaitu mengurangi (reduce) ,memakai kembali (ercuse). Mengurangi artinya masyarakat harus mulai membiasakan diri untuk mengurangi pemakaian kantong plastik saat berbelanja di pasar atau di tempat lain . memakai kembali adalah tidak membuang kantong plastik atau botol-botol air mineral dan lainnya yang termasuk sampah anorganik (tidak mudah terurai) , tapi memanfaatkannya kembali. Karena dari sampah yang terdapat di perkotaan ,hampir 30%nya adalah sampah anorganik .dalam rangka memanfaatkan sampah sebagai sumber daya,masyarakat harus lebih dulu bersikap perduli.     


Pusat Penyaringan

Fungsi : menyaring air kotor menjadi bersih (agar menjadi bersih)
  1. Air yang telah digunakan keluar ke selokan melalui pipa – pipa. Setelah tiba di pusat penyaringan air di alirkan melalui jeruji – jeruji raksasa untuk memisahkannya dari kotoran yang besar.
  2. Air kemudian dialirkan melalui bak – bak air untuk menyaring benda – benda seperti pasir, tanah dan zat – zat seperti minyak.
  3. Didalam bak lainnya air didiamkan selama beberapa jam untuk memisahkan lumpur yang akan mengendap di dasar bak
  4. Setelah itu air di cuci alui pengolahan biologis, dengan bantuan mikroorganisme yang hidupdengan memakan zat – zat pencemaran yang tersisa.
  5. Terakhir, air sekali lagi di saring supaya lumpuryang di hasilkandari pengolahan biologis dapat disisihkan, airpun dapat di buang ke alam.

Panel Surya

Panel surya adalah alat yang mengubah sinar matahari menjadi listrik, listrik tersebut disimpan di dalam aki.
Karakteristik panel surya :
1.      memerlukan sinar matahari di tempatkan dimana tidak      terhalangi oleh objek sepanjang pagi sampai sore.
2.      panel surya menghasilkan arus listrik searah DC (direct current)
Fungsi dari panel surya : untuk menyalakan perangkat AC, pompa air, dan kulkas.
Kekurangan menggunakan panel surya :
1.      Instalasi kabel baru untuk lampu LED.
2.      Biaya pengadaan lampu lebih mahal.
Keuntungan menggunakan panel surya :
1.      Penggunaan energi yang kecil.
2.      Keandalan lampu LED (Light Emitting Diode) 10 kali lampu standar biasa .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar