Jumat, 18 November 2011

Pestisida


Pestisida secara harfiah berarti pembunuh hama.Pest meliputi hama penyakit secara luas , sedangkan sida berasal dari kata “ CAEDO “yang berarti membunuh.Dibalik manfaatnya yang besar bagi peningkatan produksi pertanian,terselubung bahaya yang mengerikan , terlebih akibat penggunaan pestisidayang tidak bijaksana.Kerugian berupa timbulnya dampak buruk pengguna pestisida , dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian :
            1 .        Pestisida berpengaruh negatif terhadap kesehatan manusia
            2.         Pestisida berpengaruh buruk terhadap kualitas lingkungan
            3.         Pestisida meningkatkan perkembangan populasi jasad pengganggu
                         tanaman.
·        Dibidang kesehatan , pestisida merupakan sarana yang penting , terutama digunakan dalam melindungi manusia dari gangguan secara langsung oleh jasad tertentu maupun tidak langsung oleh berbagai vektor penyakit menular.
·        Dibidang pertanian , penggunaan pestisida telah dirasakan manfaatnya untuk meningkatkan produksi. Terutama digunakan untuk melindungi tanaman dan hasil tanaman , ternak , maupun ikan , dari kerugian yang ditimbulkan oleh berbagai jasad pengganggu.
Pestisida juga dapat meracuni manusia tidak hanya pada saat pestisida itu digunakan , tetapi juga saat mempersiapkan / sesudah melakukan penyemprotan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar